Selasa, 14 Februari 2012

Dihapus, Foto Facebook Masih Bisa Di Akses

Bagi kalian yang sukar narsis di facebook, sepertinya harus lebih bijaksana lagi. Karena sekali kita mengunggah foto kita di jejarin sosial facebook kita akan sulit menghapusnya secara permanen. 

Meski kita menghapusnya, foto tersebut tetap bisa muncul melalui tautan langsung ( url image ). arstechnica.com telah menelusuri jejak foto di Flickr, Twitter, MySpace, and Facebook sejak 2009. Twitter and Flickr melenyapkan foto yang sudah terhapus dalam hitungan detik. Tautan foto langsung tidak bisa di akses, jadi orang lain sudah tidak bisa mengakses foto tersebut. 

Namun di Facebook dan MySpace. Foto yang dihapus masih tersimpan di server sehingga bisa diakses melalui tautan langsung. Tim Ars Technica mencoba menghapus foto yang sudah diunggah di Facebook dan MySpace pada Mei 2008. Ternyata, foto yang sudah dihapus di kedua situs tersebut masih bisa diakses sampai 2012 melalui server pihak ketiga.

Facebook dan MySpace mengklaim bisa menghapus foto secepatnya. Juru bicara MySpace Amy Walgenbach mengatakan privasi pengguna sangat menjadi perhatiannya. MySpace, kata Walgenbach, akan melenyapkan semua konten yang sudah dihapus. "Namun, kami sadar menghapus foto dari server pihak ketiga itu makan waktu sangat lama dan kami berusaha keras memperbaikinya," ujar juru bicara MySpace Amy Walgenbach.

Facebook mengklaim tautan langsung di server pihak ketiga tak bisa diakses lagi. Seperti tercantum dalam aturan Hak dan Kewajiban berinternet, ketika pengguna menghapus muatan maka semuanya akan terhapus dan masuk keranjang sampah. "Tapi harus dipahami bahwa muatan yang sudah terhapus bisa saja sudah disalin," kata juru bicara Facebook Elizabeth Linder said. "Kami berusaha menekan jumlah backup copies tersebut."

Juru bicara facebook lain, Frederic Wolens mengakui bahwa foto yang sudah diunggah akan terserap dalam jaringan internet yang sulit dikendalikan. "Beberapa tahun ke belakang, sistem kami tak selalu menghapus foto dalam periode tertentu meski pengguna sudah menghapusnya," kata Wolens. "Tapi kami berupaya melenyapkan jejak itu dalam kurun waktu kurang dari 45 hari."

Jadi kita harus lebih berhati - hati dalam mengunggah foto di Facebook jika hal itu berpengaruh bagi diri kita.


Sumber