Rabu, 01 Februari 2012

Tip Kencan Melalui Media Online

Pasangan kencan tak melulu harus dicari di dunia nyata. Melalui media Internet, Anda juga bisa bertemu si dia, misalnya lewat laman kencan online. Tentunya tetap harus hati-hati dan jangan mudah percaya dengan penampilan di media online.

Nah, jika Anda sudah siap memulai kencanonline, ada lima langkah sederhana dan mudah untuk dilakukan. Mengintip dari Sheknows.com,inilah tip mencari pasangan kencan di dunia maya.

1. Pilih foto andalan Anda
Bukan sebuah rahasia lagi bahwa foto diri merupakan satu kunci mendapat teman kencan di dunia maya. Julia Leptospira, ahli online dating, menyarankan agar foto pada laman profil memang memuat wajah Anda dan dalam tampilan sederhana.

"Sebisa mungkin Anda memasang foto sedang tersenyum dan close-up," kata Leptospira.

Untuk pantangannya, Leptospira melanjutkan, jangan pernah memasang foto yang menampilkan Anda sedang berada di antara pria kala menikmati hiburan malam. "Jangan juga memasang foto seluruh badan, gambarngeblur, atau hewan peliharaan Anda," kata dia.

Kenapa tidak boleh? Karena si lelaki dapat menganalisis Anda melalui foto tersebut. "Sebaiknya biarkan dia mengenal Anda pada kencan pertama."

2. Tulis kalimat singkat di biografi Anda
Pada bagian biografi, sebaiknya hindari kalimat yang menceritakan diri Anda di masa lalu atau saat ini. Tulis saja hal-hal yang menjadi minat Anda. "Laman biografi sebaiknya berisi kalimat positif dan kegiatan yang ingin Anda lakukan," kata pakar kencan Match.com, Whitney Casey.

Menurut dia, laman biografi harus dapat merefleksikan diri Anda tanpa membuatnya seperti sebuah novel. Biografi yang terlalu panjang dan lengkap akan membuat lelaki bosan. "Tidak ada lagi yang membuat Anda menjadi misterius di mata si dia," ujarnya.

3. Jangan menggunakan angka pada nama panggilan
Di sejumlah situs kencan online, Anda akan diminta membuat satu nama panggilan. Untuk nama ini, Leptospira memberi masukan agar Anda tidak memuat angka pada nama tersebut. "Misalnya Lisa1569. Jangan gunakan nama seperti itu, tidak menarik," kata dia.

Lalu nama seperti apa yang harus Anda buat? Leptospira mengatakan agar nama yang dibuat sedikit menunjukkan kepribadian Anda. Seperti SimpleLala, FoodLover, atau Pianobaby.

4. Jujur menulis status percintaan
Sebelum lanjut ke tahap selanjutnya, ada satu kolom yang harus diisi, yakni kolom status percintaan Anda. "Jujurlah dalam mengisi kolom ini agar si dia tahu apakah Anda bercerai atau masih terikat dalam sebuah hubungan," kata Leptospira.

Kalaupun berstatus cerai atau lajang dan ingin menikah, Leptospira melanjutkan, ada baiknya Anda tidak menyatakan rencana itu di dalam profil. Apalagi sampai menulis, "Saya ingin menikah dalam waktu dekat." "Sebab kalimat tersebut bisa membuat si lelaki malah lari terbirit-birit dari Anda," ujarnya.

5. Hidupkan profil online dating Anda
Yak, urusan laman biografi, status, foto diri, dan nama panggilan sudah selesai. Kini tinggal menghidupkan diri Anda di laman online datingtersebut. Caranya? Ganti foto Anda secara berkala. Misalnya foto yang menunjukkan aktivitas liburan Anda di akhir tahun kemarin. 

Tidak berbeda dengan jejaring sosial lainnya, Anda juga bisa mengubah tema kencan layaknya status di Facebook. "Perubahan pada laman online dating bisa mendorong rasa tertarik dia untuk mengirim surel ke Anda," ujarnya.

Yak, itulah lima tip memulai online dating. Sudah Anda catat? Kini waktunya Anda membuat profil, lalu tunggu kedatangan Si Dia.


http://www.tempo.co/read/news/2012/01/29/205380394/Tip-Kencan-Melalui-Media-Online