Senin, 30 Januari 2012

Kekuasaan Bikin Orang Merasa Lebih Tinggi

Memegang kekuasaan ternyata tak hanya sekadar membuat karyawan berjalan sedikit lebih "tinggi" di tempat kerja. Penelitian terbaru menunjukkan kekuasaan sebenarnya juga membuat mereka berpikir bahwa tubuh mereka benar-benar menjadi lebih tinggi.

Sebuah penelitian dari Cornell University, Amerika Serikat, menggunakan manipulasi kekuasaan yang berbeda. Mereka juga mengukur tinggi badan yang dirasakan responden untuk menemukan fakta bahwa seseorang secara harfiah merasakan diri mereka sedikit lebih tinggi ketika menempati posisi yang lebih kuat.

Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali percobaan terhadap 266 pria dan wanita di Amerika Serikat.

Jack Goncalo, seorang profesor perilaku berorganisasi di Cornell’s School of Industrial and Labor Relations, menyatakan penelitian ini menunjukkan adanya kaitan antara memiliki kekuasaan dan pengalaman fisik seseorang.

"Meski banyak penelitian telah menunjukkan bahwa individu-individu secara fisik cenderung berusaha meraih kekuasaan, penelitian ini adalah yang pertama untuk menunjukkan bahwa yang kuat mungkin benar-benar merasa lebih tinggi dari yang sebenarnya," kata Goncalo seperti dikutip Livescience.

Ia mengatakan penelitian ini sontak memunculkan sejumlah pertanyaan lanjutan, antara lain apakah orang bertubuh pendek bakal berusaha meraih kekuasaan dengan meninggikan fisik mereka, dan apakah hal itu justru untuk memberdayakan psikologis dengan memberi mereka sebuah ruangan di lantai atas kantor.