Senin, 30 Januari 2012

ULANG TAHUN 4 TAHUN 1 KALI


Kedengarannya mustahil, tapi memang ada orang yang merayakan ulang tahunnya beberapa tahun sekali dan bukannya setiap tahun. Satu tahun terdiri atas 365,2422 hari.
Menurut hitungan kalender matahari, waktu yang tersisa (0,2422) setiap tahunnya dikumpulkan setiap 4 tahun sekali, lalu dibentuk menjadi tanggal 29 Februari. Pada tahun itu satu tahun terdiri atas 366 hari. Tahun itu disebut Tahun Kabisat. Bulan Februari yang bertambah satu hari disebut bulan kabisat. Bulan kabisat hanya terjadi empat tahun sekali. Tapi menurut hitungan kalender bulan, satu tahun terdiri atas 354,3671 hari.
Jadi, setiap tahun ada selisih 11 hari dengan hitungan kalender matahari. Kalau hitungan menurut kalender bulan dan matahari tidak diseimbangkan, maka perhitungan penentuan musim juga jadi tidak tepat. Untuk mengatasi masalah ini, menurut perhitungan kalender bulan setiap 4 tahun sekali ditambahkan 1 bulan.
Dengan demikian kalender bulan membentuk bulan kabisat dengan menambahkan satu bulan. Dalam 19 tahun ada 7 bulan kabisat. Meskipun tidak diharapkan, orang yang lahir pada bulan kabisat akan merayakan ulang tahunnya empat tahun sekali.