Kamis, 15 Maret 2012

menjaga diri di dunia maya membuat karier Anda cemerlang

a. Pintar Berbagi
Dalam berbagi segala sesuatu di Facebook, Twitter, atau blog, ada baiknya Anda lebih bijaksana. Apa pun yang memasuki dunia web, jarang akan terhapus sepenuhnya bahkan setelah bertahun-tahun. Maka itu, pintarlah menuliskan komentar untuk orang lain, jangan sampai hal itu justru bisa digunakan untuk melawan Anda.

b. Berpikirlah sebelum mengunggah
Bila atasan melihat foto tidak menarik atau kurang berkenan baginya, itu bisa saja menjadi bencana untuk karier Anda. Meng-upload gambar intim, cabul, atau tengah mabuk jelas dilarang. Cobalah un-tagging diri Anda dari gambar teman yang kurang pantas.

c. Pilih-pilih teman
Berpikirlah dua kali sebelum menambahkan seseorang yang Anda belum pernah temui dalam daftar teman karena ia bisa saja memberikan komentar yang tidak nyambung atau kurang berkenan. Anda tidak pernah tahu bagaimana komentar teman-teman Anda.

d. Surfing dengan aman
Untuk menjaga profil Anda aman, coba atur privasi akun. Bagian SDM bisa saja mencari informasi pribadi dari seorang karyawan melalui profil Facebook, maka itu ada baiknya kita berjaga-jaga dalam beraktivitas di internet.

e. Update berlebihan
Update status kini bisa dilakukan kapan dan di mana saja melalui ponsel yang canggih. Tapi itu mungkin bukanlah ide bagus untuk membiarkan dunia tahu mana mal Anda berbelanja di warung kopi tempat Anda bersantai. Anda berisiko dikuntit seseorang. Lagi pula kita bahkan tahu bagaimana atasan dan rekan akan menganggap Anda sebagai seseorang yang tidak melakukan apapun kecuali hanya bisa berkutat di sekitar Facebook atau Twitter.

http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/03/15/85076/Ketika-Atasan-Mengintip-Akun-Facebook/11