Minggu, 12 Februari 2012

Nikmatnya “SPG” Sego Pecel Gambrengan


SPG Simpanglima memang nikmat rasanya. Kalau nggakpercaya, silahkan datang malam hari di Simpanglima Purwodadi, segera pesan, dan rasakan sensasi nikmatnya. Ditanggung mantap! Tapi, eits tunggu dulu. SPG di sini bukan kepanjangan dari Sales Promotion Girl yang identik dengan gadis-gadis berparas jelita berbaju seksi itu. Namun, kepanjangan dari SEGO PECEL GAMBRENGAN.
            Ya, Sego Pecel Gambrengan atau disingkat SPG merupakan makanan khas dari daerah Gambrengan (Purwodadi). Kuliner ini banyak dijajakan di Stasiun Gambrengan, sehingga dikenal dan terkenal dengan nama Sego Pecel Gambrengan.
            Namun, saat ini kuliner ini tidak hanya dijual di Stasiun Gambrengan saja. Di beberapa tempat, ada juga dijumpai penjual nasi pecel Gambrengan ini. Salah satunya adalah di Simpanglima Purwodadi. Tepatnya di pojok Jl. R. Soeprapto atau persisnya di trotoar belakang Masjid Jabalulkhoir, Anda akan menjumpai warung tenda yang menjual Sego Pecel Gambrengan.
            Menurut Nyoto, pemilik warung SPG Simpanglima, warungnya mulai beroperasi setahun yang lalu. Istrinya yang asli Gambrengan-lah yang berinisiatif untuk membuka usaha kuliner ini. Resep semuanya mengadopsi Sego Pecel Gambrengan, termasuk ubo rampe pelengkap seperti rempeyek dan telur asin, didatangkan dari Gambrengan. Sehingga sensasi rasa kenikmatannya dijamin sama dengan sego pecel yang dijual di Stasiun Gambrengan.
            Warung SPG milik Nyoto ini buka mulai jam 5 sore sampai jam 1 malam. Bahkan, di bulan Ramadhan ini, warungnya buka sampai waktu sahur tiba. Menurut Nyoto, justru pada malam harilah warungnya ramai pembeli. “Semakin malam malah semakin banyak yang makan di sini Pak,” tutur lelaki kelahiran 1981 ini.
            Soal harga dijamin pro rakyat alias murah meriah. Sepincuk sego pecel dihargai Rp 2000 ribu. Itu memang belum lauknya. Namun, dijamin harga lainnya pun tergolong harga pro rakyat. Seperti saat GCM makan di warung SPG ini. Berdua dengan seorang teman, GCM hanya merogoh kocek Rp 12.000 ribu. Murah meriah bukan? Sudah perut kenyang, sensasi nikmatnya pun terasakan. Sesekali, cobalah. Dan rasakan sensasi nikmatnya. Monggo!